Tempat Belajar Fotografi

Powered by Blogger.

Selamat Menjelajah Dunia Fotografi

Dunia Fotografi

Tips Photografi Makro Menggunakan Kamera Digital

tips memasang lensa

Tips foto makro tentunya sudah banyak yang mengetahu dan memahami dengan objek foto makro, kali ini di akan ungkapkan kembali dalam pembahasan trik fotografi mengenai photography makro menggunakan kamera digital, meskipun tips photography makro sudah pernah dibahas pada artikel yang lalu, namun kali ini tips mengenai photografi makro akan di ungkapkan secara berbeda dengan menggunakan konsep yang lain. Perlu anda ketahui, photography makro tidak hanya dihasilkan dari satu kamera DSLR, melainkan dari segala kamera pun bisa, namun tergantung yang mengoperasikan maupun menjalan pengambilan objek, kali ini yang saya bahas mengenai photography makro menggunakan kamera digital biasa.
Perlu anda fahami dan diketahui mengenai Belfot yang sering dibahas mengenai tips dan trik fotografi secara umum, namun Belfot memang sangat penting dan selalu ikut berperan dalam suatu hasil kamera DSLR tetapi kamera digital biasa juga bisa kita gunakan. Foto makro yang dihasilkan dari kamera digital biasa dan hasilnya tidak secantik dari hasil kamera digital DSLR, namun kamera digital biasa memiliki kemampuan yang cukup bagus dalam menangkap objek menggunakan foto makro.

Cara Menggunakan Kamera Digital dengan Mode Makro

Dalam menggunakan foto makro biasanya ada menu pada bagian kamera yang menunjukkan identitas simbol yang menujukan fungsinya, pada kamera digital biasanya ada yang memiliki simbol dan ada yang tidak memiliki simbol, bagaimana pada kamera digital biasa yang tidak ada simbol untuk mengetahui cara mencari posisi yang tepat untuk menghasilkan foto makro. Prosedur yang tepat dan pada bagian kamera ada simbolnya yaitu, pada bagian mode makro tujuannya untuk memaksimalkan hasil dari foto makro, mode makro biasanya disimbolkan dengan ikon gambar bunga pada bagian bodi kamera. Bila anda memilih mode ini otomatis anda akan menggunakan foto makro, yaitu menggunakan kamera dengan memotret objek foto dengan jarak yang lebih dekat. Mode makro biasanya menggunakan aperture yang lebih tinggi, guna untuk fokus yang lebih tajam dan tepat serta pada bagian background-nya terlihat sedikit kabur.

Tips Kamera Menggunakan Tripod

Meskipun anda menggunakan kamera digital biasa tentunya anda juga memerlukan tripod yaitu untuk menyangga kamera yang sedang mengambil objek makro yang jauh lebih fokus dan tidak terjadi kegoyangan pada gerakan tangan pengguna, tripod itu sendiri sangat berfungsi dan berguna untuk membantu fokus tanpa gerakan yang tidak disengaja, namun jika kita menggunakan kamera dengan mengambil objek dengan konsep makro menggunakan tripod sangat baik di bandingkan menggunakan tangan kita, biasanya dengan mengambil fokus makro dengan tangan kita sendiri hasilnya kurang maksimal, melainkan ada kegoncangan, tetapi dengan kita setting menggunakan tripod hasilnya akan jauh lebih baik dan lebih tajam.
tips dasar fotografi makro 2

Setting  Bagian Aperture

Pada kamera digital memiliki fitur untuk mengubah setting aperture pada bagian mode untuk menghasilkan foto makro. Dengan menu pengubah aturan besaran aperture f/x. Pilihlah pada angka x yang kecil dengan tujuan pada bidang fokus yang terlihat sempit, (dapat terlihat area luar titik fokus tampak kabur dan bidang yang di bidik terlihat tajam dan jelas). Dari sinilah fungsi dari berbagai menu yang memicu objek makro terlihat tampak jelas di bagian bidan yang dibidik dan tampak kabur pada bagian luar bidang yang dibidik, ini salah satu dari pengaturan Aperture yang selalu berperan dalam pengambilan objek apapun.

Hasil Fokus

Jika kamera digital yang anda gunakan memungkinkan untuk menghasilkan foto objek dengan kualitas bagus, dengan menggunakan setting manual focus dapat lebih leluasa dalam menentukan titik yang kita inginkan. Biasanya komposisi makro dalam pengambilan objek gamabar dengan manual fokus akan jauh lebih mudah dilakukan dan aksesnya sangata cepat dalam mengambil objek foto makro jika dibandingkan dengan otomatis fokus yang yang selalu menetukan titik fokus yang kurang pas.

Komposisi Kamera

Setidaknya kita mengetahui mengenai kompisisi kamera yang dibutuhkan dalam menggunakan dan selesai menggunakan pemotretan objek makro. Dengan mode background yang sedikit kabur tentunya memberikan kesan hasil objek yang kita bidik. Biasanya memotret makro menggunakan objek background yang simpel. Sehingga foto akhirnya terlihat bagus dan menarik.

Bagian Lighting

Pada bagian lighting ini kamera memberikan pencahayan pada bagian objek yang terlihat gelap sehingga setelah pemotretan hasilnya akan tampak lebih bagus dan jelas. Tips menggunakan flash pada kamera digital biasa justru akan menghasilkan objek foto yang baik dan terlihat bagus, walaupun hasilnya masih jauh dari hasil kamera digital DSLR. Hal ini dengan mode flash kamera digital cukup meyakinkan dalam objek foto makro. Cara menggunakan kamera digital dengan memanfaatkan cahaya matahari  yaitu memantabkan hasil objek foto yang jauh lebih baik dari pada dengan mode flash yang dihasilkan oleh kamera itu sendiri.

Penggunaan Timer Kamera

Tips menggunakan timer kamera tujuannya adalah memanfaatkan waktu untuk mengambil objek secara tidak langsung mengambil objek dengan di tentukan waktu sehingga hasilnya dapat maksimal. Sepertinya yang akan kita lakuakan dalam melakukan pemotretan makro agar hasilnya lebih baik tentunya kita harus menseting menu kamera dan mengambil objek makro yang di tentukan dari timer kamera.
Dari hasil penjelasan diatas membahas mengenai photography foto objek makro menggunakan kamera digital biasa yang menjadi inspirasi pecinta fotografer, semoga artikel ini dapt bermanfaat untuk anda, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

1 comments:

Di Dukung Oleh

.

.