Tempat Belajar Fotografi

Powered by Blogger.

Selamat Menjelajah Dunia Fotografi

Dunia Fotografi

Tips dan Trik Karya Fotografi Macro 2014


macro kupu-kupu
Memahami dan mengenal sebuah fotografi macro, yang mana fotografi macro ini juga di sebut foto macro yang dapat di ambil dengan jarak yang dekat serta memiliki titik fokus yang pas dan tajam pada sebuah objek akan di ambil sebagai media fotografi. Ide fotografi untuk mendapatkan foto macro tenttunya tidak sulit melainkan mudah, kita tingggal mencari objek yang kita inginkan sperti objek hewan-hewan yang kecil seperti semut atau serangga lainnya, untuk mendapatkan hasilyang bagus pada sebuah fotografi macro pada objek yang berukuran lebih kecil seperti serangga pada umumnya, tenttunya foto macro biasanya menggunakan rasio 1:1 yang mana rasio ini digunakan untuk menghasilkan sebuah gambar macro yang memiliki kesamaan persis dengan objek yan dihasilkannya.
Nah fotografi macro ini paling banyak di gemari oleh kalangan remaja, fotografi macro biasanya menggunakan lensa khusu macro, namun dalam sebuah objek foto macro memiliki fokus yang bagus da tajam, nah tips ketajaman sebuah objek foto dari hasil foto macro tentunya sangat berkualitas. Nah disini saya memiliki pertanyaan apakah dengan teknik pengambilan foto macro dapat dilakukan dengan kamera handphone? Pasti jawabanya tentu bisa. Seperti apasih beentuk lensa macro pada kamera handphon tersebut dan bagaimana hasilnya dari objek foto macro itu? Tentunya sangat bagus serta mirip hasil dari karya fotografi macro dengan kamera DSLR namun tingkat ketajaman sdikit berbeda dari kamera DSLR.
Teknik cara pengambilan foto macro dengan kamera Handphone tentunya memiliki syarat-syarat yang harus di penuhi. Syarat untuk cara pengambilan objek foto macro, harus memiliki handphone berkamera fotografi, serta perlu tambahan lensa macro, yang khusus untuk handphone. Pada umumnya lensa macro ini sudah banyak tersedia di berbagai toko kamera ataupun handphone. Lensa macro memiliki daya fokus yang tajam walaupun terlihat kecil kemampuan lensa macro dapat membrikan objek fotografi yang lebih berkualitas

Bentuk Lensa Macro Pada Kamera Handphone

Pemakaian lensa macro pada kamera handphone tentunya sangat mudah, untuk lensa macro dalam pemakaian dapat di tempelkan langsung pada bagian kamera handphone tersebut.  Jadi cara pengoprasian fotografi macro dengan kamera handphone tentunya sangat mudah. Seperti apa dalam pemotretan foto macro tersebut. Seperti di bawah ini:
lensa tipe macro

Lensa Mcaro Handphone

Lensa macro pada kamera tentunya sangat kecil dan memiliki ketajaman fokus yang tak kalah dengan hasil fotografi dari kamera DSLR yang memiliki ketajaman yang jauh lebih bagus di bandingkan kamera Handphone. Untuk penggunaan lensa macro pada kamera Handphone tentunya harus bersih dari debu, minyak, air, atupun kototan-kotoran yang dapat menghambat kalitas hasil fotografi.

Settingan Foto Macro Pada Kamera Handphone

Langkah pertama untuk menggunakan fokus macro fotografi pada kamera tentunya mengatur mode infinete, atau jika tidak ada menu infinite pada kamera anda, tentunya anda bisa menggunakn mode landscape. Pada intinya perlu matikan settingan menu mode focus pada Handphone anda.
Langkah ke dua, memilih menu mode metering dan pilih modes sport. Dengan mode ini anda bisa mengambil objek foto macro dengan memaksimalkan pencahayaan dan terpusat ke area objek foto macro yanag anda ambil. Teknik ini memberikan efek fokus yang jauh lebih tajam di bandingkan focus automatic fotografi.
Langkah ke tiga,settingan ketiga ini merupakan salah satu teknik untuk resolusi tinggi untuk sebuah kamera Handphone, dengan resolusi tinggi gunanya untuk mencopping hasil foto macro yang terlihat kurang maksimal.

Teknik Pencarian Fokus Macro fotografi

Dalam sebuah fotografi ada fokus dan ada blurr. Namun di sini yang dibahas mengenai fokus  foto macro yang mana bertujuan mencari objek fotografi, yang mana objeknya kecil dapat terlihat lebih tajam dengan menggunakan kamera handphone dengan lensa fotografi macro. Maka untuk mendapatkan hasil foto fokus dan tepat tentunya dapat mengatur sebuah jarak titik fokus yang tepat pada sasaran. Dengan menempatkan titik fokusu pada suatu objek tentunya tepatkan pada posisi yang pas. Fokus tersebut dapat di tentukan dengan mengatur jarak yang di inginkan dan sesuai, setelah titik fokus sudah di dapat tenttunya tinggal menekan tombol sutter pada Handphone anda.
Seperti itulah konsep yang saya buat mengenai tips dan trik fotografi macro yang saya kembangkan, dari langkah demi langkah untuk membuat sebauh foto macro sampai akhir dari penyelesaian hasil fotografi macro. Tips ini memberikan inspirasi yang bermanfaat buat anda dan memberikan anda semakin berkreasi dengan foto macro.

0 comments:

Post a Comment

Di Dukung Oleh

.

.