Tempat Belajar Fotografi

Powered by Blogger.

Selamat Menjelajah Dunia Fotografi

Dunia Fotografi

Mencermati perbedaan karakter fotografi Indonesia dan luar negeri


Dunia Fotografi - Fotografi di Indonesia telah mengalami peningkatan semenjak tahun – tahun sebelumnya. Fotografi yang dahulu menjadi barang mewah, sekarang menjadi hal yang “biasa” saja.
Lihat saja sekarang hampir setiap handphone mempunyai kamera. Dan tidak aneh kalau melihat anak SMP sudah bawa – bawa DSLR.
Semakin banyaknya fotografer bermunculan dengan karakter foto yang berbeda – beda membuat saya ingin lebih mengetahui lebih jauh. Dan setelah saya perhatikan, karakter foto yang dihasilkan di negeri kita ini cenderung ‘ceria’, kalau tidak mau dibilang ‘dangdut’.
Orang – orang kita lebih menyukai warna yang saturated (baca:ngejreng!) dan berkontras tinggi. Tetapi kadang – kadang kalau saya perhatikan kebanyakan malah ‘oversaturated’.
Fotografer.net - portal fotografi Indonesia
Fotografer.net - portal fotografi Indonesia
Dan setelah saya perhatikan karakter foto di luar negeri. Kebanyakan dari mereka lebih menyukai yang tidak terlalu colorfol, cenderung monotone, dan bahkan banyak sekali black and white. Mereka lebih suka bermain dengan ‘mood’ foto. Foto yang dihasilkan cenderung undersaturated dan berkontras rendah.
1x.com
1x.com
Untuk sampel saya mengambil Fotografer.net untuk Indonesia dan 1x.com untuk luar negeri. Foto yang diambil adalah jenis landscape karena terlihat betul perbedaan karakter warnanya.
Mungkin hal ini hanya selera individu, tapi ini dapat menjadi tolak ukur kita dalam membuat suatu karya foto. Foto yang sangat disukai di sini mungkin tidak terlalu menarik di luar sana.
Mudah – mudahan hal ini bisa menjadi pembelajaran kita agar bisa berkarya lebih baik lagi.

0 comments:

Post a Comment

Di Dukung Oleh

.

.