Dalam dua artikel sebelumnya, bang belfot sudah memberikan daftarApp Fotografi Terbaik Untuk Iphone dan App Fotografi Terbaik Untuk iPad, sekarang giliranya Android mengingat popularitas smartphone dan tablet berbasis Android di Indonesia kian hari kian meluas. Silahkan:

1. Instagram

instagram
Instagram meledak popularitasnya sejak sekitar dua tahun lalu melalui iPhone, dan baru sekitar sebulan lalu tersedia di Android. Instagram menjadi fenomena karena keunikan dari foto-foto yang dihasilkannya, komunitas yang aktif dan fanatik serta kemudahan sharing ke jejaring sosial semacam Facebook dan twitter. Kalau selama ini anda sudah menunggu-nunggu kehadiran Instagram di Android, buruan install dan segera upload foto-foto anda melaluinya.

2. Camera 360

Camera 360 adalah app yang memiliki segudang efek kamera yang unik. Ingin meniru efek HDR? atau ingin menghasilkan efek sephia, hitam putih, efek tilt -shift? Kita juga bisa memanfaatkan fitur lain, misalnya menampilkan grid virtual di layar untuk lebih memaksimalkankomposisi, melakukan selective focus, mengatur delay dan lain-lain. Camera 360 adalah app gratisan, versi pro tersedia jika ingin menggunakan efek tambahan
Camera360 – gratis, tersedia verso Pro dan Ultimate

3. Photaf Panorama

Seperti namanya, Photaf Panorama adalah pembuat foto panorama. Anda tinggal memotret serangkain foto, kemudian Photaf Panorama akan “menjahitnya” secara otomatis dan menjadikan runtutan foto anda tadi menjadi sebuah foto panorama yang panjang.Kalau anda paham prinsip membuat foto panorama, maka hasil foto panorama tadi akan semakin bagus meskipun hanya dihasilkan dari kamera handphone.
Photaf Panorama – Gratis, versi Pro tersedia

4. Adobe Photoshop Express

photoshop express
Kalau anda menggemari fotografi, pasti nama photoshop sudah tidak asing lagi. Photoshop ibarat gudang yang penuh dilengkapi peralatan untuk menyulap foto menjadi apapun yang anda inginkan. Nah, Adobe Photoshop Express bermaksud memindahkan sebagian kecil kemampuan Photoshop versi PC kedalam smartphone. Dengan Adobe Photoshop Express, anda tidak meperlu lagi membawa-bawa komputer untuk mengedit foto anda. Otak-atiklah foto sesuai keinginan cukup dari smartphone/tablet android: crop-rotate-tweaking warna-frame sampai dengan beragam efek artistik tersedia untuk mempercantik foto anda.

5. CameraZoom FX

camerazoom fx
Ada begitu banyak pilihan app kamera di Andorid Market, namun kalau anda benar-benar ingin mencari yang fitur-nya paling komplit dan salah satu yang terbaik, app bernama cameraZoom FX adalah pilihannya. Sebagai app, CameraZoom FX jauh lebih baik dibandingkan app kamera bawaan. Anda bisa mengaktifkan shutter melalui suara tepukan tangan misalnya), burst mode (foto berondongan) sampai 10 kali dalam satu detik, anda bisa dengan gampang mengubah parameter pemotretan (white balance-autofocus-nighshot dll), bahkan dilengkapi optikal/digital zoom.
Dalam urusan edit foto app ini juga cukup handal. Selain fitur editing standar seperti crop-rotate atau kolase, tersedia 40 efek filter untuk menyulap foto: dari retro, vignette, tilt-shift, polaroid sampai LOMO.
CameraZoom FX – US$ 3

6. VSCO Cam



VSCO Cam dibekali beberapa filter keren yang dirancang agar meniru citarasa jaman kamera film. Selain filter, VSCO Cam juga dilengkapi dengan fitur edit standar. Saat menggunakan app VSCO Cam ini, kita disuguhi pilihan untuk menggunakan preset yang bisa mempercantik foto secara instan atau kita bisa mengolah foto sesuai selera dengan beragam kontrol yang ditawarkan.
Download VSCO Cam gratis.